Maandag 21 November 2016




Jurnal Sistem Cerdas




Rancang Bangun Aplikasi Web-Learning Berbasis Sistem Pakar Kerusakan Motor Honda DenganMenggunakan Bahasa Pemrograman PHP Dan SQL
Studi Kasus : Teknik Sepeda Motor


Habibie Askar
Abstraksi
Dikaitkan dengan tuntutan masa depan yang bukan hanya bersifat kompetitip tapi juga sangat terkait dengan berbagaikemajuan teknologi dan informasi maka sistem pembelajaran yang dikembangkan harus mampu secara cepatmemperbaiki berbagai kekurangan sarana penunjang yang ada. Salah satu cara yang dapat dikembangkan adalahmengubah sistem pembelajaran konvensional penuh dengan sistem pembelajaran yang lebih efektif dan efesien dengandukungan sarana dan prasarana yang memadai. Media Pembelajaran Berbasis Sistem Pakar Berbasis Web UntukAnalisa Kerusakan Sepeda Motor Honda Supra sebagai Media Penunjang Pembelajaran pada Teknik Sepeda MotorSMKN 1 Geger ini dirancang dan dibangun dengan tujuan untuk memberikan informasi dan diagnosa mengenaikerusakan yang mungkin terjadi dan dialami oleh pengguna atau pemilik sepeda motor berdasarkan gejala-gejala dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Sistem ini merupakan sistem berbasis web yang dibangun dengan menggunakanPHP dan menggunakan DBMS-MySQL.Kata Kunci: Sistem Pakar, Analisa Kerusakan, Motor Honda, SMKN 1 Geger
Abstract
: Associated with the future demands that are not only competitively but also strongly associated with a variety ofadvances in technology and the information systems developed learning must be able to quickly repair any deficienciesof existing support facilities. One way that can be developed is changing the conventional learning system is full oflearning systems more effectively and efficiently with the support of adequate facilities and infrastructure. Web Learning Expert System-Based for Damage Analysis Motorcycles Honda Supra as Media Supporting Learning in Engineering Motorcycles of SMKN 1 Geger was designed and built with the aim to provide information and diagnosisof damage that may occur and be experienced by the user or owner of a motorcycle based on symptom-symptoms andthe questions posed. This system is a web-based system that is built using PHP and using MySQL DBMS. Keywords: Expert System, Damage Analysis, Honda Motor, SMKN 1 Geger
PENDAHULUAN
Tugas Guru sangatlah banyak baik yang terkaitdengan kedinasan dan profesinya di Sekolah, sepertimengajar dan membimbing para muridnya,mempersiapkan administrasi yang diperlukan, belumupaya peningkatan dan pengembangan ilmu yang menjadi bidang studinya agar tidak ketinggalan perkembangan jaman ataupun diluar kedinasan yang terkait dengan tugaskemanusiaan dan kemasyarakatan secara umum di luarSekolah.Menurut Qomari A. dan Syaiful S. dalam bukunya
(2004:107), menyatakan bahwa “Guru tidak boleh
terisolasi dari perkembangan kemasyarakatan karenatugas Guru sebagai pendidik merupakan tugasmewariskan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada
muridnya”, sehingga kinerja tugas Guru sebagai pendidik
dalam lingkup Sekolah dan ruang kelas sudah pasti akan banyak dipengaruhi juga oleh kegiatan di luar proses belajar mengajar.Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK),Pembelajaran Berbasis Web (e-learning), PembelajaranBerbantukan Komputer (Computer-Assisted Intruction),Pembelajaran berbasis Audio-Visual (AVA), danPembelajaran berbasis multimedia merupakan bentuk pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yangdilaksanakan dalam dunia pendidikan dewasa ini. Seiringdengan perkembangan teknologi informasi dankomunikasi berikut infrastruktur penunjangnya, upaya peningkatan mutu pendidikan di atas antara lain dapatdilakukan melalui pengintegrasian ICT dalam kegiatan pembelajaran yang dikenal dengan Pembelajaran BerbasisTeknologi Informasi dan Komunikasi. Melalui fasilitasyang disediakan oleh sistem tersebut, guru dan siswadapat mengeksplorasi dan mengelaborasi kegiatan belajardan mengajar secara efektif dan efisien.Dikaitkan dengan tuntutan masa depan yang bukanhanya bersifat kompetitip tapi juga sangat terkait dengan berbagai kemajuan teknologi dan informasi maka sistem pembelajaran yang dikembangkan di Teknik SepedaMotor SMKN 1 Geger harus mampu secara cepatmemperbaiki berbagai kekurangan sarana penunjang yangada. Salah satu cara yang dapat dikembangkan adalahmengubah sistem pembelajaran konvensional penuhdengan sistem pembelajaran yang lebih efektif danefesien dengan dukungan sarana dan prasarana yangmemadai. Pembelajaran dengan memanfaatkan saranateknologi imformasi melalui jaringan intranet merupakansalah satu alternatif yang tepat dan dapat mengatasi berbagai persoalan pembelajaran, walaupun sistempendidikan di Indonesia keberadaannya sangat hetrogen
karena terbentur masalah letak geografis yang sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan teknologiinformasi.. Selain itu, dengan menu yang interaktifSeorang Pakar dapat memasukkan atau melihat kembali pengetahuan (knowledge) yang telah ada dengan mudah.Aplikasi Web-Learning Berbasis Sistem Pakarsebagai Media Pembelajaran pada Teknik Sepeda MotorSMKN 1 Geger ini dirancang dan dibangun dengan tujuanuntuk memberikan kumpulan informasi materi pembelajaran Teknik Sepeda Motor serta media interaktifkonsultasi mengenai diagnosa mengenai kerusakan yangmungkin terjadi dan dialami oleh pengguna atau pemiliksepeda motor berdasarkan gejala-gejala dan pertanyaan- pertanyaan yang diajukan. Sistem ini merupakan sistem berbasis web yang dibangun dengan menggunakan PHPdan menggunakan DBMS MySQL.Dari latar belakang di atas, maka perlu dimanfaatkanBidang TIK untuk dapat menunjang sistem pembelajarandi Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Geger ini. Dengan perancangan dan pembuatan media penunjang pembelajaran berupa Sistem Pakar berbasis Web (Intranet) dengan bahasa pemrograman PHP dan DBMSMySQL untuk informasi materi pembelajaran TeknikSepeda Motor serta media interaktif konsultasi mengenaidiagnosa mengenai kerusakan Motor Honda ini, dapatmembantu Siswa-siswi Teknik Sepeda Motor SMKN 1Geger untuk dapat menguasai Materi Pelajaran ProduktifTeknik Sepeda Motor.
PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas penulis menarik beberapa permasalahan, yaitu:a.

Bagaimana membuat Media Pembelajarandengan menerapkan Metode Pengajaran berbasisTeknologi Informasi dan Komputer ? b.

Bagaimana membangun Aplikasi Web-LearningBerbasis Sistem Pakar Kerusakan Motor Hondasebagai Media Pembelajaran pada TeknikSepeda Motor SMKN 1 Geger sebagai MediaPembelajaran Interaktif ?
BATASAN MASALAH
a.

Aplikasi ini berbasis Web ( Intranet ) denganmenggunakan bahasa Pemrograman PHP danDBMS-MySQL. b.

Diasumsikan bahwa Sistem Pakar ini bisadiakses oleh Siswa-siswi Teknik Sepeda MotorSMKN 1 Geger dan umum sebagai media belajarsecara Interaktif. Siswa dan umum dibedakan
pada field NIM, apabila rekap berisi „0‟, maka di
identifikasi sebagai pengunjung umum.c.

Aplikasi ini berisi materi pembelajaranProduktif-TSM; Video Tutorial, Simulasi Flashyang berasal dari kompilasi materi pembelajaranKompetensi Keahlian TSM.d.

Sistem pakar di dalamnya berjalan untukmendiagnosis kerusakan motor Honda Supra.e.

Sumber pengetahuan diperoleh dari para Ahli,Buku-buku, dan E-book yang mendukung.
TUJUAN
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan satusistem pakar yang dapat digunakan untuk melakukandiagnosis kerusakan pada Motor Honda Supra, sebagaimedia penunjang pembelajaran pada siswa-siswi TeknikSepeda Motor SMKN 1 Geger Madiun. Manfaat dari pembuatan Sistem Pakar ini adalah untuk dapat menjadimedia penunjang pembelajaran pada siswa-siswi TeknikSepeda Motor SMKN 1 Geger Madiun.
TINJAUAN PUSTAKA


Pembelajaran Berbasis TIK
Pembelajaran berbantukan Komputer (
Computer- Assisted Intruction atau Computer-Assisted Learning
),merupakan bentuk pemanfaatan Teknologi Informasidan Komunikasi yang dilaksanakan dalam dunia pendidikan dewasa ini. Menurut Andi Kristanto(2010), melalui bermacam-macam bentuk belajar,dapat dilakukan bentuk belajar yang bersifat pengayaan (
enrichmen
) maupun yang bersifat perbaikan (
remedia
). Pada CAI dimungkinkan pelajarmelakukan interaksi langsung dengan komputer.Caranya antara lain dengan menjawab pertanyaanyang diajukan oleh komputer dan atau mengajukan pertanyaan kepada komputer untuk dijawab, sehinggaterjadi dialog interaktif antara pelajar dengankomputer.Menurut Sunarno(2011) dalam artikelnya, ICTmerupakan sistem atau teknologi yang dapatmereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil,memindahkan, menganalisa, menyajikan, menyimpandan menyampaikan data menjadi sebuah informasi.Pemahaman yang lebih umum istilah tersebutmengarah pada perkembangan teknologi komputerdan telekomunikasi/multimedia yang telah memiliki berbagai kemampuan sebagai pengolahandata/informasi, alat kontrol, alat komunikasi, media pendidikan, hiburan dan lainnya.Pada kurikulum KTSP peserta didik diharapakanmampu mengembangkan potensi dalam dirinya untukmemenuhi kebutuhan dan tuntutan lingkungan.Peserta didik dalam proses belajar dibantu olehseorang guru, tugas guru ialah membantu,membimbing dan memfasilitasi peserta didik untukmencapai tujuannya. Adapun untuk kelancaran proses belajar mengajar guru dapat menggunakan media bantu, media bantu dapat berupa model, buku teks,film transparansi, kaset video, media berbasiskomputer dan lainnya. Didalam proses belajarmengajar supaya efektif maka diperlukan suatumetode yang sesuai dengan karakter peserta didik,mata pelajaran yang disampaikan, suasana dan prasarana penunjang ( Riyadi, 2011).Peserta didik juga dapat melakukan pembelajaranmandiri di luar kelas, untuk membantu mereka dalammempelajari kembali materi-materi pelajaran yangtelah diajarkan di kelas. Peserta didik juga sangatmengharapkan bahan ajar berbasis ICT ini disajikandalam seluruh materi pembelajaran (Suseno,2012)


Komputer dapat dimodifikasi sedemikian rupasehingga tampak lebih menarik, interaktif, lebih bersifat edukatif dan menekankan pada belajarmandiri diharapkan akan sangat membantu siswadalam meningkatkan motivasi belajar dalam upayamencapai prestasi belajar yang optimal. Karena proses pembelajaran, menjadi berpusat pada siswa sehinggamendorong siswa lebih aktif dan giat belajar (Amiyati; Andi, 2010 ).


Sistem Pakar
Sistem Pakar merupakan cabang dari
Artificial Intelligence
(AI) yang cukup tua karena sistem inimulai dikembangkan pada pertebngahan 1960. Sistem pakar yang muncul pertama kali adalah
General- purpose problem solver (GPS)
yang dikembangkanoleh Newl dan Simon. Sampai saat ini sudah banyaksistem pakar yang dibuat, seperti MYCIN untukdiagnosa Penyakit, XCON & XSEL untuk membantukonfigurasi sistem komputer besar, SOPHIE untukanalisa sirkuit elektronik, Prospector digunakan di bidang Geologi untuk membantu mencari danmenemukan
deposit
, FOLIO digunakan untukmembantu memberikan keputusan bagi seorangManager dalam stok barang dan investasi, DELTAdipakai untuk pemeliharaan Lokomotif Listrik Dieseldan sebagainya ( Sutojo, et al, 2011 ).Menurut Sutojo, et al (2011), Sistem Pakar memilikimanfaat dan kemampuan sebagai berikut:1.

Meningkatkan produktivitas, karena Sistem Pakardapat bekerja lebih cepat daripata Manusia.2.

Membuat seorang yang awam bekerja sepertilayaknya seorang Pakar.3.

Meningkatkan kualitas, dengan member nasehat / pengarahan yang konsisten dan mengurangikesalahan.4.

Mampu menangkap pengetahuan dan kepakaranseseorang.5.

Dapat beroperasi di lingkungan yang berbahaya.6.

Memudahkan akses pengetahuan seorang pakar.7.

Handal. Sistem pakar tidak pernah menjadi bosandan kelelahan atau sakit.8.

Meningkatkan kapabilitas sistem komputer.Integrasi Sistem pakar dengan sistem komputerlain membuat sistem lebih efektif dan mencakuplebih banyak aplikasi.9.

Mampu bekerja dengan informasi yang tidaklengkap atau tidak pasti. Berbeda dengan sistemkomputer konvensional, sistem pakar dapat bekerjadengan informasi yang tidak lengkap. Pengguna
dapat merespon dengan: “tidak tahu” atau “tidakyakin” pada satu atau lebih pertanyaan selama
konsultasi dan Sistem Pakar tetap akanmemberikan jawabannya.10.

Sistem Pakar dapat digunakan sebagai MediaPelengkap Pelatihan. Pengguna pemula yang bekerja dengan sistem pakar akan menjadi lebih berpengalaman karena adanya fasilitas penjelasyang berfungsi sebagai Guru.11.

Meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikanmasalah karena Sistem Pakar mengambli sumber pengetahuan dari banyak pakar.Menurut Sutojo, dkk (2011) konsep dasar sistem pakarmeliputi Enam hal, sebagai berikut:
1.Kepakaran (Expertise)
2.Pakar (Expert )
3.Pemindahan kepakaran (Transfering Expertise)
4.Inferensi (Inferencing )
5.Aturan-aturan (Rule)
6.Kemampuan Menjelaskan (ExplainationCopability)

Struktur dari Sistem Pakar adalah:
1.Basis Pengetahuan
2.Basis Data
3.Mesin Inferensi
4.Antarmuka Pemakai (User Interface)

Komponen dari Sistem Pakar adalah:
Gambar. 1: Komponen Sistem Pakar


PHP dan MySQLDengan semakin berkembangnya dunia internet dantingginya kebutuhan akan sebuah bahasa pemprogaman yang mumpuni, setiap saat berbagaimacam fungsi baru dan library tambahan selalumuncul di internet untuk memperkokoh danmeningkatkan performa keduanya,
bug
-
bug
yang ada pada versi sebelumnya diperbaiki oleh komunitas dan juga oleh para
programmer
handal yang ada diseluruhdunia ( Mahadji, 2007 ).Masih menurut Mahadji (2007), tidak semua bahasa pemprogaman dapat berjalan di semua sistem operasidan
web

server
yang ada, kalau dalam dunia programming, C dan Java adalah bahasa pemprogaman yang dapat berjalan hampir disemuasistem operasi, apalagi dengan
Java
,
Java
tidak lagimonoton masuk dalam dunia Komputer tetapi jugamerambah dalam dunia mobile seperti
Smartphone
dan aplikasinya.
PHP
&
MySQL
adalah sebuah pasangan yang sangat cocok dan dapat berjalan dihampir semua system operasi dan
web

Alasan lain mengapa memilih
PHP
&
MySQL
adalah karena perkembangannya yang sangat cepatapalagi
PHP
&
MySQL
adalah bahasa pemprogamanyang bersifat
open

source
, setiap waktu selalu munculfungsi-fungsi tambahan yang dapat meningkatkan performa keduanya, apalagi ketika PHP sudahmerambah kedalam dunia
desktop
dengandikembangkannya PHP GTK.
MySQL
adalah salah satu jenis database
server
yangsangat terkenal. MySQL menggunakan bahasa
SQL
untuk mengakses database nya. Lisensi Mysql adalah
FOSS

License

Exception
dan ada juga yang versikomersial nya. Tag Mysql adalah
'The World's most popular open source database'.
MySQL tersediauntuk beberapa platform, di antara nya adalah untukversi windows dan versi linux. Untuk melakukanadministrasi secara lebih mudah terhadap Mysql, andadapat menggunakan software tertentu, di antara nyaadalah
phpmyadmin
dan
mysql
yog. Pada penelitiandan penerapannya kali ini, penulis menggunakan phpmyadmin, yang terdapat dalam bundle xampp,yang dapat di peroleh di
www.apachefriends.org.



Web-Editor Adobe Dreamweaver CS5
Adobe Dreamweaver CS5
adalah versi terbaru dari
Dreamweaver
yang merupakan bagian dari
AdobeCreative Suite 5
. Dreamweaver sendiri merupakanaplikasi yang digunakan sebagai
HTML/PHP creator professional
serta dapat pula digunakan sebagai
editor tool
.Dalam desain
web
memiliki alur kerja pembuatansebagai berikut:1.

Membuat Rancangan dan Lokasi
Site
2.Melakukan Organisasi dan Manajemen
File Site
3.Membuat
Layout
Halaman
Web
4.Membuat Halaman Dengan Kode Program5.

Mengatur Web menjadi aplikasi dengan isi yangdinamis6.

Menciptakan Halaman yang Dinamis7.

Menguji
Site
dan melakukan
Publish

METODOLOGI
Penelitian ini memberikan gambaran mengenaimetode pembelajaran berbasis komputer dan informatika,sehingga dapat menjadi nilai lebih dalam penanamanmotivasi belajar peserta didik. Dengan menggunakanmedia bantu belajar yang berbasis komputer danInformatika, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Penelitian ini dilakukan pada Kompetensi KeahlianTeknik Sepeda Motor

SMKN 1 Geger Kab. Madiun.Adapun pertimbangan peneliti dalam memilih lokasi inisebagai obyek penelitian adalah:a. Kurangnya motivasi belajar para peserta didiksecara intensif di sekolah serta pengembangannyadi rumah. b. Adanya kesediaan dari pimpinan Instansi /Lembaga untuk bekerja sama dengan memberikanizin meneliti dan mengambil data yang dibutuhkandalam penelitian ini.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:a. Observasi, merupakan teknik pengumpulan datadengan cara turun langsung ke lokasi penelitian.Teknik ini dilakukan untuk memperoleh masukandan melihat secara langsung kegiatan belajarmengajar, terutama yang terkait dengan media pembelajaran. b. Wawancara (Interview), merupakan teknik pengumpulan data dengan cara tanya jawab secaralangsung dengan Ka. Komli TSM-SMKN 1 Gegertentang hal-hal yang berkaitan dengan penelitianini dengan berpedoman pada daftar pertanyaanyang telah dibuat sebelumnya.c. Dokumentasi, merupakan teknik pengumpulandata dengan cara mengambil data siswa yangtercatat pada Kompetensi Keahlian TSM-SMKN 1Geger.Sumber data yang digunakan adalah:a. Data primer, yaitu data yang langsungdikumpulkan dari sumber atau yang tersedia dilokasi penelitian. Data primer yang digunakanmeliputi data kuantitatif dan datu kualitatif. b. Data sekunder, yaitu data yang diolah dari data primer atau yang diperoleh dari objek lain yang bersangkutan.Jadwal yang dijalankan dalam Penelitian ini, adalahsebagai berikut:
Tabel.1 : Jadwal Penelitian
PERANCANGAN DAN PEMBUATANPERANGKAT LUNAK
Untuk awal perancangan, tahap awal adalah membuat perancangan secara umum. Dalam perancangan secaraumum ini meliputi:

a.Tahap Identifikasi
Pada tahap ini pengidentifikasian permasalahan yangakan dibuat sistem pakar berkaitan dan terbatas padakerusakan mesin dan kendali Motor Honda Supra.Knowledge engineer harus menentukan batasan- batasan permasalahan yang bersifat spesifik dan bersifat umum tentang bagian-bagian masalahkerusakan dan troubleshooting yang sering timbul pada bagian-bagian tersebut.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking